Wednesday, July 19, 2017

pengenalan C++


Apa itu c++?
(dibaca : c plus plus) adalah bahasa pemograman tingkat tinggi yang lumayan populer yang di bangun berdasarkan bahasa c sebai pendahulunya,bahasa ini dkenal karena kecepatan dan kesetabilanya serta bahasa yg bisa di bilang tingat menengah (middle) karena bisa langsung berinteraksi dengan microprocesor.

Pada mulanya bahasa komputer digunakan untuk membantu dalam melakukan perhitungan-perhitungan telemetri. Ketika itu, bahasa yang digunakan masih primitif sekali karena masih berupa bahasa mesin yang hanya mengenal angka 1 dan 0. Selanjutnya bahasa mesin tersebut disederhanakan menjadi bahasa yang agak dipahami dengan menghadirkan statemen-statemen khusus yang disebut dengan istilah mnemonic seperti ADD, MOV, JMP dan yang lainnya. Bahasa ini disebut dengan bahasa Assembly yang termasuk kedalam bahasa tingkat rendah (low level langueage).

     Pada tahun 1969, laboratorium Bell AT&T di Muray Hill, New Jersey menggunakan bahasa assembly ini untuk mengembangkan sistem operasi UNIX. Maksudnya adalah untuk membuat sistem operasi yang dapat bersifat "programmer-friendly". Setelah UNIX berjalan, Ken Thompson, seorang pengembang sistem di laboratorium tersebut mengembangkan compiler baru dengan nama bahasa B. Huruf B ini diambil dari BPCL.

     Bahasa B ini kemudian digunakan untuk menulis ulang atau merevisi sitem operasi UNIX. Oleh karena bahasa B ini masih bersifat interpret dan lambat, maka pada tahun 1971, sistem operasi UNIX ini ditulis ulang dengan menggunakan bahasa C, yaitu bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Deninis Ritchie, seorang pengembang sistem di laboratorium yang sama.

     Sampai sekarang bahasa C masih digunakan untuk melakukan pengembangan-pengembangan program dan sistem operasi Windows dan Linux. Alasan itulah yang menjadikan bahasa C sangat populer di dunia pemrograman, khususnya untuk industri perangkat lunak. Namun sayangnya bahasa C merupakan bahasa yang masih tergolong susah untuk dipelajari karena masih bersifat prosedural murni. Untuk membentuk satu objek, kita harus melakukan banyak sekali penulisan kode. Hal ini tentu akan dikatakan sebagai sebuah kelemahan. Untuk mengatasi masalah ini, pada tahun 1983, seorang doktor bernama Bjarne Stroustrup yang saat itu juga bekerja di laboratorium yang sama menciptakan bahasa baru yaitu bahasa C++ yang merupakan bahasa turunan dari bahasa C.

     Bahasa C++ didasarkan atas bahasa C sehingga kita dapat melakukan kompilasi program-program yang ditulis dalam bahasa C dengan menggunakan compiler C++. Keistimewaan dari bahasa C++ adalah karena bahasa ini mendukung pemrograman berarah Objek atau yang lebih kita kenal dengan istilah Object Oriented Programming (OOP).
Namun, hal ini tidak berlaku sebaliknya. ini berarti bahwa semua compiler C++ pasti bisa digunakan untuk melakukan kompilasi kode program yang ditulis dalam C. Akan tetapi anda tidak akan bisa melakukan kompilasi kode program yang ditulis dalam bahasa C++ menggunakan compiler C.

Kedua bahasa ini (C dan C++) merupakan bahasa yang sangat populer dalam dunia pengembangan perangkat lunak. Keduanya digolongkan  ke dalam bahasa tingkat menengah (middle level language).

Contoh bahasa c++: complailer g++ linux
tertarik untuk belajar c++ silahkan kunjungin
Tutorial C++ FROM NOOB TO HERO!!


Bagikan

Jangan lewatkan

pengenalan C++
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

2 komentar

Tulis komentar
avatar
July 24, 2017 at 2:01 AM

ane udah lupa ini sumpah ini materi kuliah ane smt 1 soalnya

Reply
avatar
July 30, 2017 at 5:55 AM

wah saya masih pakai pascal :D

Reply